Tips Menghindari Perdebatan Yang Tidak Bermanfaat Di Social Media

Tips Menghindari Perdebatan Yang Tidak Bermanfaat Di Social Media


Apakah kamu pemain social media? seperti facebook, twitter, instagram, tiktok dan sejenisnya? jika iya mungkin kamu akan sering melihat orang-orang didalam forum-forum besar tersebut saling sindir menyindir dan saling serang terkait argumen yang mereka miliki dalam menjelaskan sebuah situasi pada gambar ataupun video yang diupload oleh si pengupload. 

Misalnya seperti konten tentang politik, si pengupload akan mencari sebuah video entah dari oposisi maupun video tentang pro pemerintahan, biasanya si pengupload akan memberikan statement-statementnya maupun memotong beberapa perkataan dari orang-orang politik tersebut.

Sumber : freepik.com

Nah tentu saja beberapa ada yang setuju dengan perkataan dari si orang politik tersebut yang mengatakan bahwa apa yang si orang politik itu sampaikan mewakili keluh kesahnya selama ini, dan ada juga yang tidak setuju karena hal tersebut merupakan pemikiran yang tidak berdasar, nah jadi pada akhirnya orang - orang didalam forum tersebut terpecah menjadi 2 kubu yang saling berlawanan. 

Efeknya tentu saja kita ketahui yaitu saling serang satu sama lain, membenarkan argumentasi yang mereka miliki masing - masing dan tentunya memaksa apa yang mereka yakini ke orang - orang yang bahkan tidak sepaham dengan dirinya. 

Lalu Apakah Itu Bisa Dihentikan? 


Sayangnya tidak, selama pemikiran manusia masih bebas dan forum social media tersebut masih ada maka seluruh keluh kesah dan hal - hal yang ia mereka sukai maupun tidak mereka sukai akan menyatu didalam 1 platform dan itu merupakan social media.

Memang hal tersebut tidak bisa dihentikan, kecuali si pemilik postingan memang menghapus isi postingannya di social media atau membatasi orang-orang yang berkomentar didalam postingan tersebut, jadi seolah-olah tidak adanya sebuah argumen yang menyerang satu sama lain tercipta didalam list komentar tersebut.

Nah mungkin pada kesempatan kali ini aku akan memberikan beberapa poin atau tips bagaimana caranya untuk menghindari perdebatan-perdebatan kecil yang tidak bermanfaat ini ketika kamu selalu scrolling dan sering berkomentar, nah apa saja kah itu? langsung saja kita bahas dibawah ini bersama :

1. Jangan Memancing Keributan


Jangan sekali-kali memancing sebuah keributan, entah itu menyenggol pihak A ataupun B atau kelompok tertentu yang bahkan didalam narasi video atau gambar tersebut tidak pernah meyenggol pihak manapun.

Karena dari komentar negatif yang menggiring itulah yang membuat kamu akan mendapatkan perdebatan sengit hingga berlarut-larut, nah tentu saja dengan tidak memancing sebuah keributan didalam kolom komentar, dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di-inginkan seperti stress berlebihan hingga depresi yang dapat mengacaukan kehidupan.

2. Hindari Komentar Yang Menyenggol Sara (Suku, Ras, Agama)


Sebisa mungkin hindari komentar yang menyenggol hal-hal sensitif seperti ini, meskipun ada banyak sekali orang-orang yang berkomentar negatif terhadap suku/ras/agama lain, kamu tidak boleh berkomentar dan melawan balik dengan cara yang sama ataupun berkomentar, cukup lihat saja isi komentar tersebut.

Jika memang kamu tidak terima dan dapat merugikan, kamu bisa memblokir akun tersebut sehingga pihak pemilik / orang yang bekerja didalam social media itu sendiri lah yang akan menonaktifkan akun-akun negatif tersebut.

3. Hindari Berkomentar Pada Komentar Yang Ditulis Oleh Baby Boomer/X/Milenials


Jika kamu melihat ada sebuah komentar dari ke 3 generasi tersebut, maka lebih baik hindari karena sebagian besar dari ketiga generasi itu biasanya memiliki beberapa wawasan yang kurang (tidak semua akan tetapi tentu saja kebanyakan seperti itu), mereka cenderung akan menggunakan hati mereka dalam melakukan argumentasi.

Dan terkadang argumentasi yang mereka gunakan terkesan memaksa dan harus diaplikasikan keseluruh generasi, jadi tentu saja ke 3 generasi tersebut biasanya akan saling serang satu sama lain, nah ini bisa kamu lihat didalam sebuah kotak komentar yang mungkin banyak sekali berisi balasan, mungkin bisa ratusan bahkan ribuan balasan dari ke 3 generasi tersebut.

4. Sebisa Mungkin Tidak Membuat Komentar Yang Memberikan Unsur Negatif


Jika kamu ingin berkomentar maka hilangkan beberapa ego dan iri yang ada pada isi komentarmu, kamu tentu tau itu, misalnya jika sebuah konten dari social media tertentu memperlihatkan pasangan yang romantis lalu kamu teringat akan kisah cintamu yang kandas, maka kamu tidak boleh memberikan isi komentar yang buruk.

Selalu berikan selipan doa pada isi komentarmu dan berikanlah hal-hal yang positif, itu sangat amat berarti sekali bagi orang-orang yang melihat isi komentarmu nanti, dengan begitu kamu secara tidak sadar dapat menyebarkan positive energy kepada orang-orang yang melihat isi dari komentar milikmu.

5. Jangan Melihat Isi Komentar 


Mungkin jika kamu ingin menghindari sebuah perdebatan yang tidak bermanfaat, sebisa mungkin jangan sekali-kali untuk membuka kotak komentar, karena kita tidak tahu ada apa saja didalam kotak komentar pada postingan tersebut, bisa saja pada urutan pertama kamu malah membaca sebuah komentar yang membuatmu ingin mengetik pedas dan membalas orang yang berkomentar seperti itu.

Jadi sebisa mungkin tidak membuka kotak komentar itu, ketika kotak komentar tidak kamu buka maka ada kemungkinan besar kamu akan merasa lebih aman dan tidak terlalu memikirkan apapun.

Nah jadi dengan tidak melihat list komentar orang-orang yang telah melihat isi postingan, dapat membuat kamu tidak merasa ikut terbawa suasana entah iri maupun dengki.

Penutup


Nah mungkin itu saja tips informasi tentang cara menghindari perdebatan yang tidak bermanfaat disocial media, sebenarnya jika kamu sudah terlanjur memberikan sebuah isi komentar yang negatif, maka kamu bisa menghapus komentar tersebut agar orang-orang yang membaca isi komentarmu di masa depan tidak membalas isi komentarmu kembali.