Tips Membuat Warnet LAKU Di Era Sekarang 100% BERHASIL

Tips Membuat Warnet LAKU Di Era Sekarang 100% BERHASIL


Mungkin kita akan jarang sekali menemukan warnet - warnet di jaman sekarang, bukannya warnet - warnet tersebut sudah tidak ada akan tetapi jumlahnya mulai sedikit tersebar di Indonesia dibandingkan pada tahun 2010 sampai dengan 2016.

Dulu kita mungkin sering ke warnet hanya sekedar browsing, bersantai sambil menunggu teman membuat sebuah tugas dan sebagainya, akan tetapi dijaman sekarang ada banyak sekali fasilitas yang mungkin bisa kita gunakan untuk melakukan browsing seperti smartphone salah satunya, gadget yang satu ini bisa kita temukan dimana-mana sekarang, kita bisa berselancar di internet dengan mudah dimana menggunakan smartphone, membuat roadmap digitalisasi Indonesia berubah karenanya.

Sumber : putuokano.com

Nah inilah penyebab kenapa orang - orang yang memiliki bisnis warnet seolah - olah tumbang satu persatu karena tidak adanya pengunjung yang datang ke warnet mereka untuk sekedar browsing di internet.  

Tapi pernahkah kamu berpikir soal orang - orang yang tidak se-beruntung kamu ataupun orang - orang kota yang memiliki gadget ataupun komputer?

Nah nyatanya masih banyak sekali orang - orang yang belum ter-cover tentang akses internet ini, apalagi dengan adanya kejadian covid kemarin, dimana banyak sekali murid maupun siswa yang tidak bisa menyentuh internet karena keterbatasan device maupun paket data.

Nah inilah yang menjadi problem utamanya, jadi tentu saja dengan adanya warnet setidaknya meringankan beban orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya belajar karena internet itu luas

Tentu saja kita harus mempersiapkan diri kedepannya jika misalnya ada semacam wabah penyakit/virus seperti tahun lalu, setidaknya jika ada lagi sebuah peraturan dari pemerintah untuk membatasi orang dari wabah itu maka kita bisa langsung pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas. 

Nah warnet bisa menjadi salah satunya, tentu saja dengan membuat bisnis yang satu ini hidup kembali, setidaknya bisa meredakan ketimpangan sosial soal internet di plosok-plosok dan tentunya mereka yang tidak mampu membeli laptop maupun komputer lalu menyewa wifi perbulan bahkan kuota setiap hari setidaknya lebih diringankan dengan adanya warnet. 

Bagaimana caranya untuk membuat warnet kita laku di era sekarang?


Tenang, dibawah ini aku akan memberitahumu spesifikasi warnet yang baik dan bagus untuk diterapkan pada bisnis warnet milikmu, kamu bisa menerapkan semuanya atau beberapa (sebisa kamu) :

1. Area Yang Luas


Jika misalnya untuk membuka usaha bisnis warnet, usahakan minimal bukalah usaha bisnis warnet pada tempat atau area yang luas. 

Itu agar orang - orang bisa parkir lebih luas, bayangkan saja jika ada seorang anak bermain game di warnet tersebut maka anak-anak lain pasti akan ikut, nah ke-ikutsertaan anak - anak lain yang menonton temannya bermain inilah yang mungkin akan membuat lahan parkir menjadi penuh. 

Belum lagi jika lahan parkir pada warnetmu penuh, mungkin mereka yang tidak kebagian parkir akan mulai me-markirkan motornya di toko sebelah, nah jangan sampai membuat toko sebelah kesal karena ulah pelangganmu. 

2. Hindari  Metode Paket Biling


Hindari metode paket biling yang memang membuat pelanggan bingung, misalnya paket biling malam/pagi/pelajar dan sejenisnya, jika memang ingin membuat metode paket maka sebaiknya gunakan biling dengan system username + password saja, jadi setiap code sudah diatur menjadi beberapa limit, misalnya code 764551 dengan password HgFdduX menjadi 4 jam, nah setiap user yang laptop/komputernya mati tiba-tiba, maka otomatis paket biling akan stop di menit tersebut, ataupun pelanggan yang memang tidak ingin bermain lagi dan memilih stop, nah code yang tadinya sudah terpakai akan dibuat stop lalu mereka masih bisa menggunakan code tersebut dikemudian hari. 

3. Gunakan AC Atau Ada Ventilasi Yang Cukup


Jika misalnya kamu memiliki warnet yang tata ruangnya kecil tentu saja ventilasi itu penting sekali, jangan sampai tidak ada ventilasi udara karena ventilasi berfungsi untuk mengeluarkan dan membuat udara segar masuk kedalam ruangan tersebut jika itupun memakai kipas. 

Nah jika ingin memakai AC maka jangan ada sumber ventilasi yang menganga terbuka, sebisa mungkin tutup sumber ventilasi agar hawa dingin yang dihasilkan AC tidak keluar.

Nah jika kamu ingin memasang AC pada warnetmu maka yang harus pertama kali kamu lakukan ketika sudah beberapa bulan penggunaan ya tentu saja dibersihkan, kamu bisa mencari jasa tukang pembersih AC, itu agar udara yang dihasilkan tidak berdebu. 

4. Desain Interior Warnet Layaknya Distro


Percantik desain warnetmu dengan desain interior warnet layaknya distro, seperti penambahan lantai vinyl, lalu temboknya bisa kamu buat se-aesthetic mungkin dengan foto-foto pemandangan atau quotes-quotes bingkai yang bagus dan sejenisnya (usahakan untuk menggunakan cat warna yang lebih cerah dan berwana krem/putih atau abu-abu), yang penting itu dapat mempercantik warnetmu layaknya sebuah toko baju distro/rumah makan kekinian. 

Buat juga papan nama (plang nama) didepan dengan desain ala-ala distro, ketika sebuah inovasi berjalan tentu saja makin banyak orang yang penasaran. 

5. Toilet Yang Bersih


Untuk toilet, kamu bisa merenovasi toilet yang akan menjadi tempat pembuangan limbah manusia seperti BAK/BAB ataupun mandi/sekedar cuci muka dan bersih-bersih.

Usahakan mencari toilet yang memang memiliki dinding keramik agar tampilan toilet tidak terkesan kumuh, atau jika tidak ada maka tambahkan saja dinding keramik tersebut, usahakan lantai keramik dan dinding keramik itu berwarna putih, agar tidak terkesan kotor. 

Nah adanya toilet ini dapat membantu para pemain yang memang duduk berjam-jam diruangan ber-AC, ya tentu saja mereka pasti akan BAK terus menerus karena efek dingin dari AC itu sendiri yang membuat cairan tubuh menurun. 

6. Dilarang Merokok Maupun Vaping Di Dalam Ruangan


Jika misalnya kamu ingin menggaet seluruh pasar, entah itu ibu-ibu/anak-anak bahkan perempuan ya tentu saja warnetmu harus terbebas dari yang namanya asap rokok.

Menurutku jika ada seseorang yang merokok didalam warnet maka asap rokok tersebut akan terhirup oleh mereka yang bukan perokok, jadi efeknya apa? efeknya ialah mereka yang bukan perokok ini dipaksa menjadi perokok pasif dimana tentu saja mereka lebih besar terkena penyakit paru-paru ketimbang pria perokok karena mereka selalu menghirup asap rokok secara tidak sengaja. 

Jika ada perokok diwarnetmu maka usir dia, jika perlu maka kembalikan uangnya, atau buat ia merokok diluar ruangan. 

Jadi tentu saja kamu sebagai pemilik harus tegas, jangan bebankan tugas pemberitahuan tindakan tegas tidak boleh merokok maupun vaping ini kepada karyawanmu jika kamu memang menggunakan karyawan untuk menjalankan bisnismu. 

Beritahukan secara langsung kepada para pengunjung agar mereka jera dan tidak merokok, jika si perokok keras kepala maka usir keluar. 

7. Gunakan Spesifikasi Komputer Yang Bagus


Usahakan untuk menggunakan spesifikasi standard dibawah ini, jika kamu tidak bisa maka tidak apa-apa untuk tidak meniru semua yang aku list kan dibawah ini, selama laptop/komputer warnetmu tidak lemot, itu tidak masalah :
  • Core i5 seri skylake
  • VGA GTX 1050 ti dengan vram 4GB
  • RAM 16GB
  • Motherboard H410M
  • PSU 550watt

Nah spesifikasi diatas cukup untuk menjalankan game berat masa kini. Andaikata jika terjadi gangguan koneksi dari provider maka pengunjung bisa menunggu sampai internetnya pulih kembali dengan memainkan game-game yang telah disediakan. 

Bukan hanya itu saja, proses melakukan multitasking dan proses pembukaan aplikasi bisa terpengaruh, apalagi Google Chrome kian hari kian berat karena mendapatkan update secara terus menerus, tentunya komputer yang tersedia harus mendukung multitasking bahkan gaming menjadi lebih lancar, sehingga user yang bermain menjadi betah berlama-lama.

8. Berikan Aplikasi Pendukung Dan Selalu Update Aplikasi


Berikanlah sebuah aplikasi atau game pendukung agar para pengunjung bisa menggunakannya, nah bayangkan saja jika kamu memberikan fitur lengkap game masa kini dan juga aplikasi yang lengkap tentu saja membuat warnet yang kamu kelola pasti akan selalu ramai pengunjung. 

Bisa saja ada seorang pelajar yang ingin belajar 3D modeling pada warnetmu, atau seorang pelajaran yang memang ingin belajar membuat lagu-lagu, atau seorang pelajar yang ingin bermain game, tentu saja mereka memerlukan software dan game yang mumpuni bukan? nah fasilitas itulah yang bisa kamu berikan kepada mereka, nah dibawah ini ada beberapa aplikasi/software unggulan yang sering digunakan oleh para pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, arsitek maupun pekerja video editor : 

  • Enscape (Full konfigurasi + Material)
  • Lumion + plugins
  • Cinema4D
  • Blender
  • Visual Basic Studio (versi terbaru ya guys)
  • Android Studio
  • Software game maker (RPG maker, Unity)
  • Microsoft Office 365 Atau 2019
  • Software Akuntansi
  • Internet Download Manager (IDM Full Latest Update)

Untuk game kamu bisa memberikan :

  • Firewatch
  • GTA V
  • Stray
  • Genshin Impact
  • Naruto Ultimate Ninja Storm 4
  • The Sims
  • The Forest
  • SuperHot

11. Adanya scanning + Printing


Kamu harus memiliki mesin printing dan scanning, memang mesin itu merupakan mesin yang berbeda akan tetapi akhir-akhir ini ada sebuah merk mesin print terkenal yang menggabungkan secara bersamaan ke dua mode tersebut (printing + scanning).

Nah kenapa harus ada pada warnetmu? ketika seseorang ingin membuat tugas atau mereka memiliki dokumen penting yang harus mereka ubah menjadi files digital, tentu saja mereka pasti membutuhkan kedua mesin tersebut untuk melakukan prosesnya, itu kenapa kedua mesin ini masih sangat amat berguna sekali.

Jadi lebih baik kamu bisa membeli kedua mesin tersebut karena sampai kapanpun, siapapun yang sudah membuka usaha warnet pasti mereka akan membeli mesin tersebut karena memang sangat menguntungkan.

12. Menjual Makanan & Minuman


Nah kamu bisa mendapatkan keuntungan lewat berjualan didalam warnetmu, katakan saja seperti sebuah mini market kecil dimana kamu menyediakan sebuah kulkas berisi berbagai macam minuman + menjual makanan ringan sebagai penunda lapar para pemain, entah itu snack ataupun makanan berat seperti mie instant ataupun nasi goreng bahkan burger/sosis.

Nah ketika mereka duduk didepan layar komputer tentu saja mereka masih bisa lapar dan haus, jadi dengan adanya makanan dan minuman membuat mereka merasa seolah terselamatkan, jadi mereka tidak menghentikan pekerjaan yang mereka lakukan, dan juga hal ini dapat mengingatkanku sebuah moto dimana moto tersebut berbunyi "semakin lama pengunjung bermain maka semakin banyak keuntungan yang kita dapatkan"

Penutup


Ya jadi mungkin itu saja informasi tips yang bisa aku berikan, entah kamu mau merenovasi semuanya ataupun kamu hanya mampu mengikuti beberapa tips itu saja menurutku itu tidak masalah sama sekali, kamu bsia memulai dari tampilan warnetmu terlebih dahulu agar ketika orang-orang berada didalam warnetmu, setidaknya mereka bisa betah diam berlama-lama, nah jika modal sudah terkumpul cukup banyak maka harusnya kamu bisa meng-upgrade beberapa komponen dasar komputer menjadi lebih baik agar tidak lemot dan mampu menjalankan software/game berat, itu agar orang-orang yang tidak memiliki laptop ataupun komputer yang bagus dapat menggunakan software tersebut untuk membuat tugas/pekerjaan mereka.

Jadi kembali lagi, bisnis ini sebenarnya masih menjanjikan dan tidak akan penah redup, hanya saja orang-orang yang menjalankan bisnis ini enggan untuk melakukan suatu gebrakan baru maupun revolusi agar warnetnya bisa bertahan, mungkin komputer sudah berada pada posisi keren akan tetapi ruangannya malah pengap dan panas, atau ruangan sudah enak dan berAC akan tetapi laptop yang digunakan ala kadarnya, nah mungkin dari sana bisa diperbaiki satu persatu.