Tips Berenang Di Ombak Pantai Agar Aman

Tips Berenang Di Ombak Pantai Agar Aman


Bagi kamu yang ingin berenang dipantai atau mungkin memiliki rencana mandi dipantai, tentu aja kamu harus mengetahui tips - tips ini sebelum kamu berenang, karena kita tidak tau jika sesuatu terjadi pada kamu seperti terseret arus ombak lalu tenggelam bukan?

Padahal bisa aja kamu sudah sering mandi dipantai, tapi yang namanya hari buruk tentu saja tidak pernah ada pada kalender, dan kamu harus memiliki sedikit pengetahuan dasar tentang cara berenang di ombak pantai agar aman.

Sumber : freepik.com/wirestock

Nah jadi mungkin pada kesempatan kali ini aku akan memberikan tips aman berenang di ombak pantai, nah bagaimanakah tips-tipsnya? penasaran? langsung saja ikuti tipsnya kali ini : 

1. Berdoa 


Benar sekali, kamu hanya perlu yang namanya berdoa sebelum melakukan aktivitas apalagi mandi di pantai, itu menjadi keharusan untuk kamu, lalu bagaimana dengan orang-orang agnostik atau atheis yang tidak peraya dengan Tuhan? tentu saja jika mereka ingin selamat mereka perlu yang namanya boost perlindungan  dari Tuhan, meski mereka bisa melakukannya dengan usaha mereka sendiri tapi terkadang ada limitnya, itu kenapa kita harus mengandalkan Tuhan.

Nah kenapa berdoa kepada Tuhan? ya tentu saja untuk meminta keselamatan agar kamu tidak mengalami hal-hal buruk, jadi tentu aja sebagai manusia kamu harus berdoa kapanpun dan dimanapun selama kamu melakukan aktivitas diluar, itu agar kamu terlindungi.

2. Selalu Berenang Di Tepi 


Jika kamu ingin mandi dipantai tentu saja kamu harus berenang ditepi pantai, kamu hanya perlu menunggu ombak yang datang, nah ombak yang datang ke-tepian pantai tersebut intensitas dorongan ombak tersebut hanya sedikit berefek, disamping lebih aman tentunya kamu dapat merasakan dan menikmati setiap deburan ombak yang mengarah ke kamu.

3. Melompati Ombak 


Melompati ombak memang bisa kamu lakukan ketika kamu sudah berenang sampai agak ketengah pantai, ketika ada ombak yang menerjangmu dan agak lebih tinggi maka melompatlah, karena ketika kamu melompat maka kecil kemungkinan kamu akan tergulung-gulung ditengah ombak tersebut, lalu ketika kamu melompati ombak, kamu juga dapat mengambil sedikit nafas diudara, ketika kamu sampai kebawah dan ombak masih menerjang, maka kamu bisa mengikuti arus ombak sambil tergulung-gulung ke pesisir.

Nah ombak yang patut kamu lompati tentu ombak yang berbuih putih dan ombak yang tidak berbuih (seperti ombak yang mengantarkan gelombang tanpa buih, nah ombak yang tidak berbuih ini sebenarnya tidak usah kamu lompati, kamu hanya tinggal mengikuti saja arusnya karena ombak tanpa buih ini hanyalah gelombang biasa yang memang bukan ombak.

4. Santai Saat Tenggelam


Selalu santai saat situasi apapun termasuk tenggelam, kebanyakan para perenang di ombak secara amatiran ketika tergulung-gulung ombak maupun terseret ombak pasti akan panik, ketika mereka panik maka jantung memompa darah lebih cepat dan juga nafas lebih cepat habis, jadi sebisa mungkin ikuti arus bawah ketika kamu tergulung mencapai pesisir, lemaskan kaki dan tanganmu, rasakan efek ombak yang mulai sedikit meleah ketika kembali ke daratan, nah jika sudah maka ambilah ancang-ancang lalu bangun dengan cara sedikit mendorong badan keluar dari air, karena ketika sudah agak berada di pesisir biasanya pasir pantai masih bisa kamu pijak dan jadikan itu sebuah momentum untuk kamu berdiri.

Penutup 


Nah mungkin itu saja beberapa tips berenang di ombak pantai agar aman dan terbebas dari terseretnya arus ombak, nah tips agar kamu tidak terseret arus ombak ya tentu saja jangan bermain terlalu ke tengah pantai hanya sekedar mencari ombak, ketika air sudah mencapai pinggang maka stop disana, karena ketika pasir pijakan tersebut tidak bisa kamu pijak lagi alias kamu sudah berada lebih jauh ditengah, maka sulit bagi kamu untuk kembali ke daratan lagi kecuali kamu memakai papan surfing.