Mengapa Orang-Orang Yang Sedang Berdebat Di Social Media Terkesan Pintar Fast Respon Dan Seolah Memiliki Pemahaman Yang Luas ?

Mengapa Orang-Orang Yang Sedang Berdebat Di Social Media Terkesan Pintar Fast Respon Dan Seolah Memiliki Pemahaman Yang Luas ?


Mengapa orang-orang bisa seolah-olahh cerdas dan dapat berdiskusi lebih leluasa pada platform social media ?

Apakah kamu pernah melihat sebuah perdebatan kecil dikotak kolom komentar suatu konten pada video ataupun gambar yang dishare pada social media ? dan ketika kamu lihat lebih jeli lagi, kamu akan menyadari bahwa hasil saling lempar komentar tersebut menimbulkan sebuah argumen yang jika dibaca beberapa dari mereka seolah-olah terkesan pintar dan cerdas, mampu berdiskusi dalam menyusun suatu argumen yang lebih terlihat menjanjikan para pembaca baru maupun orang yang dibalas.

Sumber : freepik.com/wayhomestudio

Lalu bagaimana cara mereka melakukannya ? seperti berkomentar dengan cepat (fast respon) dan seluruh kata yang mereka lontarkan seolah sudah terstruktur itu, nah mungkin dibawah ini aku akan memberikan beberapa alasan kenapa mereka seolah pintar dalam berdialog.

1. Memiliki Banyak Waktu


Benar sekali, jika kamu minta mereka untuk berdebat langsung, maka rata-rata dari mereka tidak akan mampu ataupun berani berdebat secara terbuka dan tatap menatap, itu karena mereka lebih memiliki banyak waktu untuk berpikir ketimbang berdebat secara langsung.

Ketika berdebat secara langsung maka kamu akan memaksa otak untuk mencari bahan literasi dari suatu pembahasan yang sedang dibahas berdasarkan apa yang pernah kamu pelajari, jika tidak ada bahan literasi didalam otak tersebut maka kamu akan mulai berhenti berpikir kata apa yang harusnya dikeluaran lebih dulu tanpa mencernanya, itu kenapa ada banyak orang diluar sana yang terjerat kasus karena ketidaksengajaan dalam berdebat.

2. Adanya Informasi Yang Melimpah Di Internet


Benar, ketika orang sedang berdebat secara serius dan tidak ingin mengalah, biasanya mereka berdua atau salah satu dari mereka akan mencari bukti-bukti yang menguatkan perdebatan mereka agar lebih meyakinkan dan semakin meningkat untuk mengalami kemenangan dalam debat pada kolom komentar itu sendiri.

Mereka akan berusaha mencari setiap informasi yang memang sudah pernah dibahas di salah satu website ataupun blog atau apapun itu demi memperkuat statement yang mereka gunakan untuk berdebat, itu kenapa jika kamu meminta mereka untuk berdebat secara langsung, mereka tidak lebih dari orang-orang yang memiliki standar literasi yang kurang dengan isi debat yang mereka miliki.

3. Melakukan Debat Komentar Pada Suasana Yang Sedang Tenang


Alasan terakhir kenapa orang-orang sangat suka sekali berdebat berjam-jam di social media karena mereka sedang berada dalam posisi tenang, posisi sedang bersandar, tidur, duduk dimana pada posisi otak yang juga sedang melakukan cooling down karena mungkin lelah dengan kerjaan seharian maupun sedang beristirahat bekerja ataupun baru bangun dari tidur.

Nah itu kenapa seolah-olah mereka dapat berdebat lebih cepat dan lebih leluasa karena mereka akan merasa tersindir dan tersinggung ketika lawan debat mereka mulai memberikan statement yang berbeda dari mereka.

Ketika mereka sedang masa idle atau dalam masa tenang, tentunya ide dan kata demi kata yang muncul didalam pikiran lebih besar dan lebih kompleks, sehingga mereka mampu menyusunnya dan memutar balikkan isi balasan yang mereka dapat tersebut.

Penutup


Nah mungkin itu saja kenapa orang-orang di social media ketika sedang melakukan argumen mereka seolah-olah pintar dan jenius, terlepas dari ke 3 poin diatas, ada juga orang-orang yang memiliki literasi luas dimana mereka sudah mengetahui dan memahami tentang topik pembahasan tersebut karena sudah pernah dibahas pada konten sebelumnya atau mereka mencari informasi tersebut jauh sebelum konten tersebut ada.