Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Pelecehan/Kekerasan Secara Sexual

Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Pelecehan/Kekerasan Secara Sexual


 Akhir - akhir ini banyak sekali kasus pelecehan Sexual di sekitar kita dimana membuat orang tua yang memiliki anak perempuan tentunya was-was membiarkan anak - anak mereka pergi tanpa pengawasan, apalagi ditambahnya kasus seperti di india dimana ada seorang wanita bersama suaminya yang mana wanita tersebut diperkosa oleh oknum warga setempat, membuat india menjadi negara paling minim literasi dan sikap.
Sumber : freepik.com

Ya memang tidak ada hubungannya di Indonesia akan tetapi apakah kita akan diam saja jika itu terjadi Kepada kita/anak-anak kita nanti? tidak bukan, nah itu mengapa dengan adanya tips ini kita setidaknya bisa berjaga-jaga terlebih dahulu jika ada dari saudara kita/ kita sendiri yang mengalami hal tersebut di negeri ini, nah apa saja kah itu? langsung saja kita bahas dibawah ini bersama :

1. Memberitahu Orang Tua


Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai seorang anak ialah memberitahu orang tua, jangan takut untuk menceritakan apa yang kamu alami, ceritakan seluruh kronologinya mulai dari A sampai Z. 

Kebanyakan Orang Tua pasti akan cepat sigap dan akan tahu bahwa anaknya mengalami kasus pelecehan sexual ataupun kasus pemerkosaan, mereka akan langsung melaporkannya ke pihak berwajib. 

2. Meminta Komisi Perlindungan Anak KPAI/KOMNAS HAM


Jika orang tua/saudara dekat tidak menggubrish maka cara satu-satunya ialah meminta perlindungan di KPAI (komisi perlindungan anak indonesia), dengan begitu KPAI akan memberikan sebuah fasilitas untuk kamu, seperti psikolog dan berbagai macam lainnya yang kamu butuhkan untuk bisa bangkit lagi. 

Dan biasanya pihak KPAI/Komnas HAM akan langsung membuat laporan untuk si pelaku agar dijerat hukuman sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

3. Melaporkannya Kepada Pihak Kepolisian


Jika memang tidak ada pergerakan, maka kamu bisa langsung membuat laporan bahwa kamu mendapatkan pelecehan/kekerasan sexual dari seseorang. 

Jadi pihak kepolisian akan langsung bertugas dan menangkap si pelaku tersebut, nah dengan begitu si pelaku akan mendapatkan efek jera, belum lagi ketika ia di sel, bisa saja di pukul habis - habisan oleh orang - orang didalam sana yang membuat dia menjadi lebih jera. 

4. Mencari Psikolog


Ketika semua poin diatas sudah kamu lakukan, tentu saja kamu harus mencari psikolog jika memang kamu tidak mendapatkan hal ini, psikolog berfungsi agar mentalmu bisa kembali pulih. 

Jadi jangan remehkan ketika kamu mendapatkan depresi karena hal ini, kamu harus mencari psikolog se-segera mungkin agar beban yang ada di pikiran dan hatimu bisa cepat  terobati. 

Penutup


Nah mungkin itu saja 4 langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika terkena pelecehan/kekerasan sexual, kamu harus bisa melawan dengan mencari 4 poin diatas, jangan bungkam/diam, kamu juga harus mendapatkan keadilan karena itu penting. 

Jika kamu diam maka keadilan tidak akan pernah muncul, keadilan akan menutup didalam tanah dengan sendirinya sampai orang yang memang benar mencari keadilan datang, maka jadilah orang yang mencari keadilan tersebut hingga keadilan yang sebenarnya muncul.