Cara Mengetahui Lowongan Kerja (Loker) Palsu dan Asli Di Internet

Cara Mengetahui Lowongan Kerja (Loker) Palsu dan Asli Di Internet


Apakah kamu mencari loker (lowongan kerja) di internet dan menemukan beragam loker yang mungkin menurut kamu kredibel didalamnya? akan tetapi ketika kamu menghubungi pemilik loker, yang ada hanyalah panggilan kosong yang tidak pernah diangkat oleh pemilik loker?

Ya beberapa dari kamu pasti kecewa dengan hal tersebut, menghabiskan waktu hanya demi mencari sebuah loker yang memang benar-benar menghabiskan waktu,  kamu mengira loker tersebut masih ada akan tetapi faktanya loker tersebut sudah terpampang sebulan lalu pada website itu.

Sumber : freepik.com

Nah tentu saja pada posisi ini kamu sudah tertipu dengan website loker tersebut bukan? nah jika kamu tidak ingin tertipu dalam mencari loker maka kamu harus mengetahui ciri-ciri dari loker palsu dan asli di internet, nah apa saja kah ciri-cirinya? tanpa basa-basi langsung saja kita bahas disini.

1. Hindari Website Loker Dengan Embel-Embel Blogspot Atau Wordpress


Bagi kamu yang tidak tahu website dengan embell-embel blogspot ataupun wordpress, akan kujelaskan sedikit disini, jika kamu melihat website dengan domain (ini merupakan contoh saja) inilokerku.blogspot.com atau inilokerku.wordpress.com, maka jauhi kedua website tersebut, karena kamu pasti akan sia-sia mencari info loker aktif yang ada didalam website tersebut.

Nah jadi jauhi website loker dengan embel-embel blogspot maupun wordpress, kedua website loker dengan domain bawaan dari platform blog tersebut biasanya tidak begitu serius dalam menggarap blog dengan tema lowongan kerja, kebanyakan dari blog dengan embel-embel blogspot atau wordpress tidak akan terlalu sesering mungkin mengupdate lowongan kerja, ya mungkin di bulan/tahun pertama blog ini akan semangat untuk membuat lowongan kerja, akan tetapi setelah beberapa waktu berlalu mereka sebagai pemilik blog loker dengan embel-embel blogspot maupun wordpress itu akan mulai  jarang mengupdate artikelnya sehingga hanya ada sedikit loker yang terlihat.

2. Lihatlah Tahun/Bulan/Tanggal/Waktu Pada Loker Yang Di Posting


Jika kamu sudah menemukan sebuah website dan tidak ada embel-embel seperti pada poin nomor satu, kamu juga tetap harus waspada, domain memang bisa dibuat menjadi professional akan tetapi kualitas artikel loker tersebut bisa saja berbeda, jadi ketika kamu ingin mencari loker maka lihatlah terlebih dahulu tanggal waktu/bulan bahkan tahun berapa loker tersebut diposting, jangan sampai kamu membuang-buang waktu meladeni loker yang sudah expired bertahun-tahun lamanya.

3. Lihatlah Deskripsi Yang Diberikan Pada Postingan Dari Loker Tersebut


Jika website tersebut merupakan website loker, maka deskripsinya pasti singkat, padat dan jelas, misalnya website loker ternama seperti joobstreet, pasti akan memberikan sebuah penjelasan secara detail loker apa yang di iklankan, bagian apa saja yang dibutuhkan, minimal umur recruitment calon pegawai, skill yang harus dikuasai dan sejenisnya.

Nah jika website loker abal - abal cenderung memberikan penjelasan yang sangat panjang dan bahkan di halaman scroll terakhir baru diberikan informasi tentang loker tersebut, itupun jika memang loker itu masih ada, biasanya loker yang berada pada website abal-abal sebagian besar sudah expired.

4. Admin Yang Tidak Fast Respon


Jika ada sebuah loker tentu saja kita ingin melihat apakah loker tersebut sudah di-isi slotnya oleh orang lain atau belum, nah cara untuk mengetahuinya ialah dari kecepatan admin itu sendiri, admin loker website haruslah fast respon untuk mengetahui lowongan kerja yang sudah diupload didalam websitenya, apakah loker tersebut masih tersedia ataukah tidak, jika masih tersedia maka tetap berikan penanda, jika sudah tidak tersedia maka hapus artikel tersebut secara berkala.

Penutup


Nah mungkin itu saja 4 poin yang aku tau untuk mengetahui website loker apakah website itu kredibel ataukah tidak, kerena beberapa website loker nyatanya hanya dibuat untuk sekedar mengejar pundi-pundi rupiah lewat iklan adsense, itu kenapa website-website tersebut enggan untuk menghapus loker yang sudah mereka buat bersusah payah, karena dari artikel yang sudah mereka upload itulah membuat mereka bisa mendapatkan penghasilan jika ada sebuah iklan yang terpasang pada website itu plus banyak traffic atau pengunjung yang mengeklik loker expired tersebut, nah jadi semoga kamu bisa lebih teliti lagi untuk mencari lowongan kerja di internet.