Cara Mengetahui Hape Refurbish Dengan Mudah

Cara Mengetahui Hape Refurbish Dengan Mudah


Mungkin kamu sering mendengar orang-orang entah di real life ataupun online life (kehidupan nyata) soal barang-barang refurbish, nah sebenarnya apa itu barang refurbish?

Nah jadi barang refurbish tersebut merupakan sebuah barang yang biasanya sudah usang alias sudah rusak akan tetapi diperbaiki menggunakan komponen-komponen kw alias komponen palsu, misalnya adanya kabel jumper sebagai pengganti flexible untuk menghubungkan antara mainboard dan board charger, nah ada juga barang refurbish yang batrainya sudah rusak karena barang tersebut merupakan barang display, jadi memang beberapa fitur sudah tidak bisa berfungsi akan tetapi dijual kembali dengan harga miring.

Sumber : freepik.com/fxquadro

Barang dikatakan refurbish karena dijual oleh oknum toko atau counter yang memang memiliki barang tersebut, tidak seperti barang second yang kebanyakan dijual oleh mantan konsumen tangan pertama.

Nah karena smartphone itu merupakan produk vital yang selalu dibawa kemana-mana dan sangat penting bagi kehidupan kita, tentu saja kita yang memilikinya tidak ingin smartphone yang akan kita beli untuk melakukan pekerjaan penting seperti menelpon atau mengirim pesan whatsapp tersebut tiba-tiba mati tanpa sebab bukan? 

Nah pada kesempatan kali ini aku akan memberitahu kamu bagaimana caranya untuk menghindari smartphone refurbish, nah bagaimanakah caranya? langsung saja ikuti cara-cara simpelnya dibawah ini :

1. Jangan Tergiur Harga Murah


Jangan tergiur barang murah termasuk smartphone atau hape, jika kamu tergiur barang murah tentu saja barang tersebut kemungkinan barang refurbish, karena kebanyakan barang refurbish harganya sangat amat miring dari harga pasaran, dan biasanya barang-barang yang dijual akan mencantumkan barang itu bekas apa, jika barang tersebut merupakan barang refurbish maka jangan diambil sekalipun harganya sekitar 500 ribu.

Barang refurbish itu barang yang memang lebih besar gamblingnya ketimbang barang second tangan pertama, itu dikarenakan barang refurbish biasanya tidak akan terlihat problemnya diawal, bahkan pihak karyawan sales smartphone/hape tersebut tidak akan mengecheck terlalu dalam untuk barang refurbish jika mereka berniat menjual smartphone/hape tersebut.

Nah jadi jika ada sebuah smartphone/hape dengan range harga yang harusnya lebih dari 3 juta akan tetapi dijual 2 juta bahkan turun sedikit dibawahnya, maka hati-hatilah bisa saja itu barang refurbish.

2. Kualitas Batre Yang Buruk


Seperti yang aku katakan diawal, untuk melihat smartphone itu refurbish atau bukan biasanya smartphone/hape jenis refurbish itu menggunakan batre bekas dan daya dari batre tersebut cepat habis, nah itu dikarenakan beberapa smartphone/hape refurbish dulunya bekas dari barang display, nah karena selalu on/hidup maka kesehatan batrai menurun dan membuat batrai drop, nah efek penggunaan 24 jam nonstop ketika menjadi barang display juga dapat merusak komponen didalamnya seperti resistor atau transistor.

jadi sebelum membeli, perhatikan dahulu berapa daya yang dipakai untuk melakukan multitasking, jika daya yang digunakan sangat boros hanya sekedar melakukan pekerjaan tanpa menghidupkan wifi, maka itu artinya smartphone/hape tersebut bisa jadi merupakan barang refurbish.

3. Check IMEI


Jika kamu berniat ingin membeli smartphone/hape second, nah check imei dari smartphone/hape second yang ingin kamu beli tersebut, usahakan mencari versi yang boxnya masih tersedia, karena beberapa penjual smartphone/hape second terkadang tidak mencantumkan boxnya untuk dijual.

Biasanya mereka akan memberikan alasan bahwa boxnya sudah hancur atau memang ketinggalan di kampung (alasan paling banyak dipakai oleh si penjual smartphone/hape bekas), nah jika kamu menemukannya maka check terlebih dahulu IMEI dari box dan hapenya, jika IMEI tersebut sama maka harusnya itu orisinil dan tidak pernah diganti mesinnya, akan tetapi jika berbeda dari boxnya maka kemungkinan besar mesinnya sudah diganti, nah jika sudah seperti itu maka berhati-hatilah terhadap smartphone/hape second yang ingin kamu beli tersebut.

Penutup


Nah mungkin itu saja informas yang bisa aku berikan padamu, semoga dengan adanya informasi simpel ini bisa menghindari kamu dari berbagai orang-orang yang berniat menipu kamu dengan menjual smartphone/hape second dengan harga miring atau smartphone/hape baru tapi harganya juga miring pada toko online maupun toko offline.