Cara Membuat Budaya Agar Tidak Luntur Dan Tergerus Oleh Jaman

Cara Membuat Budaya Agar Tidak Luntur Dan Tergerus Oleh Jaman


Budaya merupakan sebuah tradisi yang dijaga secara turun temurun, ada banyak nilai filosofi diciptakannya budaya tersebut. 

Budaya juga dapat membuat daerah memiliki suatu ciri khas atau identitasnya sendiri, layaknya budaya Jawa di kota Jawa Timur/Jawa Tengah, tentu saja budaya yang mereka miliki dari bidang seni dan kerajinan sangat amat beragam, seluruh kerajinan dan juga seni tari yang mereka ciptakan tidak lepas dari yang namanya budaya Jawa. 

Jika seseorang ingin membeli pintu kayu dari budaya Jawa misalnya, nah mereka bisa saja saja membeli pintu gebyok kayu dari Jepara yang mana kental akan corak khas budaya jawanya, jika ia ingin pintu gebyok kayu dari bali yang mana kental akan corak khas budaya bali tentu saja ia membeli ke Bali. 

Sumber : freepik.com/jcomp

Itu hanya contoh kecilnya, nah tentu saja budaya dibidang tari, di bidang garment juga ada, seperti kebaya atau sarung atau pakaian adat lainnya, itu bisa dijadikan sebuah patokan bahwa budaya itu begitu kental.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, budaya yang ada di indonesia kian tergerus alias sedikit demi sedikit memudar, anak muda sudah tidak begitu tertarik dengan budaya yang kita miliki, contohnya seni tari atau teater klasikal. 

Menurut mereka budaya tersebut kurang bagus dari zamannya, jika mereka menyukai teater ataupun tari, mereka akan menari modern ataupun teater klasik dari budaya eropa. 

Lalu bagaimana Agar Budaya Kita Tidak Tergerus Oleh Zaman? 


Ada dua cara dan cara ini harus saling menguntungkan keduanya, cara yang pertama ialah dengan mengajak orang - orang yang mau belajar budaya, dan lapangan pekerjaan di bidang kebudayaan tersebut. 

Misalnya ketika ingin budaya itu tidak hilang sepenuhnya maka harus didirikan pendidikan budaya agar budaya - budaya tersebut masih terjaga hingga detik ini, lebih ke pendidikan budaya tertentu di setiap daerah. 

Seperti budaya jawa, jadi bisa membuat pendidikan budaya jawa atau budaya bali pendidikan budaya bali didaerah masing - masing. 

Nah setelah anak - anak didik ini sudah setidaknya lulus, mereka bisa bekerja di beberapa sanggar tari misalnya atau sanggar teater sesuai kebudayaan tersebut ada. 

Jadi tentu saja jika ingin anak muda mau memegang teguh budaya tempat dimana mereka dilahirkan, maka pekerjaan untuk kategori budaya tertentu harus diperbanyak. 

Misalnya event tari atau event teater, atau hal - hal yang memang menyangkut budaya itu sendiri, jadi tentu saja ada banyak orang yang berkecimpung didalam budaya daerah ini yang mendapatkan gaji dari hasil mereka bekerja sebagai seorang penari daerah. 

Penutup


Nah mungkin itu saja beberapa hal yang bisa aku berikan gambaran tentang sebuah budaya agar bisa dilestarikan, budaya akan lestari dijaman sekarang bukan karena niatan saja, akan tetapi memang harus dipaksa, dipaksa disini ialah membayar setiap hasil jerih payah si pelaku seni & budaya dengan adil dan bijak. 

Tentu saja jika itu bisa dilakukan kelak Indonesia malah akan menjadi tempat untuk bisa melihat budaya - budaya yang lebih digeluti oleh orang - orang dijaman sekarang.