Apakah Teknik Kamui Kakashi Dan Obito Berbeda ?

Apakah Teknik Kamui Kakashi Dan Obito Berbeda ?


Sebagai pecinta animanga naruto tentu saja aku sangat amat kritis dalam melihat sebuah teori yang selalu keluar dari komenan seseorang yang berada didalam grup facebook, dan tidak jarang juga melihat beberapa teori yang mengatakan bahwa kamui yang digunakan mata sharingan kakashi berbeda dari kamui yang digunakan oleh obito.

Sumber : google.com

Kenapa Mereka Menganggapnya Berbeda?


Simpelnya karena mereka (para teoritis ini) tidak pernah melihat scene dimana kakashi serta obito menggunakan teknik-teknik tersebut dengan bersamaan, entah mereka melihatnya atau tidak, mungkin bagi mereka scene-scene yang diperlihatkan tersebut tidak membuat para teoritis ini menganggap bahwa mata obito dan kakshi tersebut sama, jadi ada beberapa kalangan yang menyebutkan bahwa mata kakashi hanya diperuntukan untuk menyerap atau mengeluarkan objek, ia tidak bisa pergi kedalam dimensi kamui menggunakan tubuhnya maupun menembus tubuhnya sendiri seperti apa yang obito lakukan, lalu teknik menyerap objek tersebut juga dikatakan tidak bisa obito gunakan.

Nah memang opini mereka agak sedikit tidak begitu nyambung, karena mereka mungkin lupa dengan beberapa scene dimana bukti-bukti bahwa mata sharingan kakashi dan obito itu sebenarnya sama saja, tidak ada yang membedakan se-inchi pun, jadi apa saja persamaan teknik kamui yang dikeluarkan oleh obito dan kakashi ini? yuk kita bahas dibawah ini lebih jauh.

Nah awalnya kakashi sudah memberitahu bahwa teknik yang obito lancarkan tersebut ada 2, akan tetapi itu memang spekulasi awal dan ia tidak yakin karena goresan pada topeng obito awalnya belum begitu meyakinkan, nah akhirnya kakashi meminta naruto untuk melakukan rasengan tepat pada obito, akan tetapi kakashi mengkamui rasengan naruto tersebut tepat sebelum naruto selesai menembus obito, hasilnya ialah rasengan yang di kamui kakashi tepat mengenai bagian tubuh obito yang dia kamui, dan obito juga awalnya mengira naruto menghentikan rasengannya padahal kakashi telah mengirimnya ke dimensi kamui, nah jadi apa yang kamu baca ini merupakan penegasan bahwa Entah kamui obito maupun kamui kakashi itu sama.


Nah beberapa orang juga mengatakan bahwa mata kiri kakashi itu sebenarnya memiliki teknik yang berbeda dimana kakashi hanya bisa memindahkan objek yang bukan dirinya ke dimensi kamui atau membawa keluar badannya ke dimensi kamui, tapi teori tersebut dibantah oleh fakta ini, dimana kakashi dapat melakukan perjalanan travel kembali ke dunia nyata setelah dikirim oleh obito ke dimensi kamui menggunakan mata sharingan obito yang ada pada mata kakashi, ini dibuktikan dari gambar ini (bisa kamu baca lengkapnya di situs web komik komiku).


Nah pada gambar diatas ini menunjukan bahwa kakashi dapat kembali dari dimensi kamui ke dimensi dunia nyata. 

Salah ! Teknik Kamui Obito Itu Menembus Badannya Bukan Men-Transfer Badannya !


Kamu bisa perhatikan pada bukti dibawah ini, gyuki awalnya berpikir jika dia (obito) transparan dan mustahil untuk menyentuhnya, akan tetapi Kakashi membantah apa yang gyuki katakan, apa yang diberitahukan oleh kakashi disini merupakan cara kerja dari teknik obito, obito sendiri sebenarnya tidak menembusnya akan tetapi ia mengirim sebagian tubuhnya ke dimensi kamui, itu dibuktikan dari gambar diatas dimana kakashi sudah memberikan penegasan bahwa mata obito dan mata kakashi sama, tidak ada 2 teknik didalam 2 mata.



Tapi Kan Kita Hanya Melihat Kakashi Keluar Dimensi Kamui Saja, Tidak Masuk Kedalam Dimensi Kamui


Nah alasan kakashi hanya bisa keluar dari dimensi kamui adalah pada scene gambar dibawah ini, chakra kakashi itu terbatas, lalu kenapa ia bisa melakukan teknik kamui untuk kembali ke dunia nyata lagi setelah memukuli badan obito? itu karena kurama menyalurkan chakra kepada kakashi pada saat mereka berjabat tangan sebelum kakashi di kamui oleh obito, jadinya Kakashi bisa kembali kapan saja ke dimensi bumi karena mendapatkan pasokan chakra yang cukup dari kurama pada momen itu, lalu mengapa Kakashi tidak ke dimensi kamui saja tanpa bantuan obito? ya untuk apa Kakashi berada di dimensi kamui jika obito berada di dimensi bumi? kecuali jika memang obito kabur maka kemungkinan besar Kakashi pasti akan menggunakan kamuinya untuk masuk kedalam dimensi kamui. 



Nah itu sebabnya ia tidak bisa melakukan kamui sebagian tubuhnya seolah-olah tembus seperti apa yang dilakukan obito.

Lalu hal yang bisa dibantah lagi opini "kamui kakashi itu berbeda dengan kamui obito" ialah, ketika madara yang memiliki banyak chakra pada saat menjadi mode rikudo, ia dengan sengaja mencongkel mata kakashi lalu men-transferkan sebagian tubuhnya akibat dari tebasan sasuke (itu lebih dari cukup) untuk bisa langsung pergi ke dimensi kamui dengan mata hasil rampasannya tersebut, jadi tentu saja opini tentang "kamui kakashi itu berbeda dengan kamui obito"  ini sudah terbantahkan bahwa mata yang diberikan obito pada kakashi itu sebenarnya sama saja.

Lalu Bedanya Dimana?


Nah bedanya ialah, ketika kedua mata sharingan obito tersebut terpisah, maka timing untuk men-transfer seluruh tubuh/objek yang dia inginkan entah masuk maupun keluar dimensi kamui itu menjadi sedikit lambat karena titik fokus yang digunakan berbeda, misalnya obito ingin keluar akan tetapi kakashi ingin masuk, jadi fokusnya tidak sama.

Itu dibuktikan ketika obito dan kakashi dengan kompak menggunakan teknik kamui untuk mengirim obito ke dimensi kamui, membuat portal dimensi menjadi lebih cepat terbuka, itu kenapa obito bisa dengan mudah keluar masuk ke dimensi kamui ketika kedua matanya sudah lengkap (ini ketika proses melawan kaguya), hanya saja ia sedikit kekurangan di pasokan chakra. 

Penutup


Nah jadi mungkin itu saja beberapa opini yang bisa aku beritahukan kepada kamu semua, karena pasalnya banyak sekali fans-fans diluar sana yang masih mengira bahwa "teknik kamui disetiap mata obito itu berbeda baik kiri maupun kanan" itu sudah terbantahkan oleh pernyataan Kakashi dan didukung oleh bukti - bukti kuat yang telah aku sampaikan diatas, jadi semoga dengan opini ini, kamu bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi.