Apa itu kata WIR ? Seberapa Besar Dampak Negatif Jika Kata Itu Digunakan?

Apa itu kata WIR ? Seberapa Besar Dampak Negatif Jika Kata Itu Digunakan?


 Akhir - akhir ini kamu mungkin sering mendengar kata-kata "wir"  seperti ini, seperti "gini wir" atau "oke wir", sebenarnya apa sih kata wir itu?
Jadi setelah aku mencari-cari, kata wir ini memang dikonotasikan negatif oleh sebagian orang karena kata ini memang serapan dari kata "Jawir", dimana kata ini merupakan kata aib bagi suku jawa karena kepanjangan dari kata jawir ialah "Jawa Ireng"

Tapi ada juga yang mengatakan bahwa kata "wir" dapat menjadi positif karena itu merupakan singkatan dari "Warga Indonesia Raya", akan tetapi tetap saja selama kata itu sudah benuansa negatif maka ketika kata itu terpisah dan tak ada kata penyambung didepannya maka kata itu akan tetap menjadi negatif sampai kapanpun.

Cara satu-satunya ialah menambahkan kata depannya menggunakan kata penghubung, misalnya seperti kata "Ichiki" dan "wir", nah ketika kedua kata tersebut digabungkan  maka kata itu akan berbunyi "Ichikiwir" dan kata ichikiwir ini akan membentuk sebuah arti baru yang lebih fresh dan membuat efek negatif tadi menjadi menghilang.

Sumber : twitter.com

Nah meskipun kata "wir" tersebut tidak dipakai untuk menjelekan seseorang ataupun menurunkan drajat seseorang, akan tetapi tetap saja value atau nilai yang terkandung didalam kata "wir" tersebut sudah kotor.

Memang Seberapa Besar Dampak Negatif  Kata "Wir" Jika Digunakan? 


Sangat amat negatif sekali, karena kata itu memang seperti yang aku katakan diatas, dulunya dipakai untuk mengejek orang-orang yang berada disalah satu suku di indonesia yaitu suku jawa dan biasanya mereka yang rasis kepada suku atau ras jawa yang berbeda dari sukunya akan mengatakan kata "jawir, wir, wir, wir", karena memang benar orang jawa itu dimana - mana, itu kenapa mereka terkadang menjadi bahan ejekan di beberapa daerah yang memang bukan dari pulaunya sendiri.

Nah kata wir ini sebenarnya sudah menjadi negatif bahkan sebelum kata ini hype dikalangan anak muda jaman sekarang, itu karena dampak efek kata wir sudah menjadi kata serapan non fungsional dan sebagai penyambung kata Ja, jadi orang-orang ketika mendengar kata wir, yang ada dipikiran orang-orang ya pasti kata jawir, bukan ichikiwir.

Lalu Apakah Ada Kata Lain Pengganti Kata Wir? 


Sayangnya tidak ada, akan tetapi kamu tetap bisa menambahkan kata depan menggunakan kata "utei" sebelum kata "wir", maka akan menjadi "uteiwir".

Arti kata "uteiwir" itu apa? nah kata "uteiwir" merupakan singkatan dari kata "uteliaita ihmisi√§" dan kata itu berasal dari bahasa suomi yang artinya "Bagi orang - orang yang penasaran" dan kata wir diakhir itu merupakan kata penegasan untuk keragu-raguan seseorang akan informasi, karena asal dari kata wir itu berasal dari kata "wiradhungan" yang artinya "ragu-ragu".

Jadi jika kata "uteiwir" digabungkan maka akan mendapatkan arti "Bagi orang-orang yang penasaran dan ragu-ragu"

Nah jadi mulai sekarang mungkin kamu bisa menggunakan kata "uteiwir" itu untuk memberikan penegasan kepada orang-orang yang tidak tau ataupun masih ragu-ragu akan suatu informasi yang sedang dibahas dimanapun.

Penutup


Nah semoga dengan adanya informasi kali iini bisa membuat kamu semakin berpikir akan value atau nilai yang ada didalam kata-kata tersebut, dan memang kata itu merupakan sebuah bentuk frasa yang menunjukan emosi/sifat/benda ataupun objek.

Tapi bukan berarti kata tersebut tidak punya arti, setiap kata pasti memiliki arti kecuali si pembuat trendsetter kata tersebut sengaja tidak memberikan arti kepada kata-kata itu.