Alasan Orang-Orang Menyukai Anime Atau Manga One Piece

Alasan Orang-Orang Menyukai Anime Atau Manga One Piece


One Piece, siapa yang tidak kenal dengan manga/anime yang satu ini, mungkin beberapa orang yang memang tidak tertarik dengan dunia anime maupun orang-orang yang memang tidak ingin menonton anime yang satu ini, nah kenapa akhir-akhir ini orang-orang seolah selalu membicarakan anime/manga yang satu ini? kenapa bisa serialisasi anime/manga yang satu ini begitu populer diseluruh dunia?
Sumber : pxfuel.com

Usut punya usut, ternyata anime/manga ini memang menyimpan segudang informasi dan juga misteri didalamnya, ditambah lagi beberapa watak tokoh yang dibuat sedemikian rupa oleh pembuatnya, nah jadi dibawah ini mungkin aku akan memberikan sebuah poin-poin dasar kenapa orang-orang begitu menyukai anime/manga one piece yang satu ini, nah apa saja kah itu? langsung saja tanpa basa-basinya kita bahas bersama dibawah ini :

1. Banyak Easter Egg


Mungkin easter egg ini sengaja dibuat oleh pembuat manga One Piece ini sendiri yatu Eichiro Oda, oda sendiri memang jika ditanya soal easter egg biasanya tidak akan menjawab dan selalu berkelit, itu bisa terlihat ketika oda selalu ditanya oleh fansnya mengenai easter egg yang fans tersebut berhasil temukan.

Nah salah satu Easter Egg yang menjadi kontroversial ialah, dimana pada halaman cover manga depan volume 25 ada sebuah poster yang memperlihatkan 4 karakter dan salah satunya luffy.

Nah awalnya poster ini terlihat seperti biasa saja, akan tetapi ketika pada chapter kemarin dimana luffy diakui menjadi seorang kaisar lautan, lalu disusul oleh buggy, maka poster lama ini seolah kembali terangkat, dimana didalam poster itu terlihat buggy dan luffy, lalu ada teach dan juga shanks, nah ke 4 karakter tersebut merupakan seorang yonkou (jika kita tarik di chapter terbaru saat ini) secara de facto.

Jadi apa yang oda gambarkan pada cover manga volume 25 itu mengisyaratkan bahwa ada banyak easter egg, nah Ini tidak terjadi pada manga cover volume 25 saja, tapi coverpage-coverpage terbaru pun biasanya berisi easter egg ini.

2. System Yang Kaya


Jika kamu melihat system pada anime/manga one piece, mungkin tidak begitu rumit tapi jika memang benar-benar suka dengan one piece maka harusnya kamu bisa melihat ada beberapa system itu yang begitu kaya sekali untuk dijelaskan.

Contoh yang pertama yaitu dimana adanya klasifikasi type pedang, klasifikasi type pedang ini tidak diketahui siapa penemu dan pembuatnya akan tetapi yang membuat ini menjadi sangat kaya sekali ialah, setiap pedang yang ada di one piece, beberapa diantaranya sudah terdaftar dan merupakan meito (pedang terkenal), nah meito ini dibagi menjadi 3 kelas yaitu 12 saijo o wazamono lalu ada 21 o wazamono dan 50 ryo o wazamono.

Nah kelas pedang paling rendah itu dipegang oleh 50 ryo o wazamono, tapi bukan berarti pedang kelas paling kecil dalam meito ini kalah dengan pedang kelas rendahan, itu juga didukung dengan si pengguna juga apakah trampil memakai pedang tersebut ataukah tidak.

Contoh yang kedua itu ada den-den mushi, denden mushi ini merupakan sebuah siput yang biasanya dipakai oleh orang-orang di one piece untuk saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain, system didalam denden mushi juga beragam dan beberapa macam/jenis denden mushi juga ada diantaranya : 
  • Denden mushi biasa (denden mushi biasa ini biasanya digunakan oleh bajak laut maupun angkatan laut kelas rendah)
  • Denden mushi bayi (sama seperti denden mushi biasa, meski desainnya compact dan dapat dibawa kemana-mana, faktanya denden mushi jenis ini memiliki konektivitas yang rendah)
  • Denden mushi hitam (digunakan untuk menyadap denden mushi lainnya)
  • Denden mushi putih (digunakan untuk melindungi denden mushi biasa agar tidak terjadi penyadapan)
  • Denden mushi bertanduk (digunakan untuk mengacaukan sinyal transmisi antar frekuensi denden mushi sehingga mereka tidak bisa saling berkomunikasi)
  • Cameko (jenis Denden mushi yang dapat merekam maupun mengambil gambar visual, jika di dunia nyata cameko ini merupakan kamera)
  • Prokko ( jenis Denden mushi yang dapat menyiarkan siaran langsung yang diambil oleh cameko) 
  • Denden mushi proyektor (digunakan untuk memproyeksikan gambar dengan cara mata salah satu denden mushi melakukan scanning dan mata yang satunya memproyeksikan langsung ke dinding)
  • Denden mushi emas (digunakan untuk memanggil buster call)
  • Denden mushi perak (digunakan untuk menerima sinyal dari denden mushi emas, ketika denden mushi emas ditekan maka denden mushi perak akan bersuara keras sekali yang mana itu ditandai sebagai perintah untuk melakukan buster call)

Nah baik itu denden mushi maupun system klasifikasi pedang, tentu saja one piece memiliki system klasifikasi lainnya seperti buah iblis dan juga haki (kekuatan diluar buah iblis), nah system yang kaya dan complex ini lah yang membuat anime/manga one piece sangat amat disukai oleh orang-orang.

3.  Menceritakan Tentang Keresahan Dunia Nyata Di Masa Lalu Ataupun Saat Ini


Jika kamu membahas one piece dengan temanmu yang memang pecinta anime/manga one piece, mereka akan mengatakan bahwa jika one piece itu menceritakan tentang keresahan yang ada didunia nyata, entah yang sudah berlalu maupun dimasa depan seperti perbudakan, penguasa, politik, masalah rasisme antar suku/ras, kemiskinan dan juga rahasia besar yang ditutup-tutupi oleh pemerintah dunia.

Nah hal itulah yang disukai oleh orang-orang yang pertama kali melihat dan menonton dan membaca anime/manga yang satu ini, karena menurut mereka, seluruh keresahan yang ada didunia ini terkumpul dan tergbung menjadi satu didalam wadah dengan wujud kartun jepang ini.

Penutup


Nah mungkin itu aja 3 poin yang bisa aku sampaikan tentang alasan-alasan orang menyukai anime/manga one piece, semoga artikel diatas bermanfaat bagi kamu.