Alasan Orang Muslim Mengatakan Agama Islam Lebih Dulu Ada Dari Agama Lainnya

Alasan Orang Muslim Mengatakan Agama Islam Lebih Dulu Ada Dari Agama Lainnya


Mungkin ada banyak dari kalangan non muslim seperti Hindu, kristen, buddha, dan agama lainnya yang tak terafiliasi oleh agama islam bertanya - tanya kenapa orang muslim bisa mengatakan bahwa agama mereka lebih dulu ada?
Sumber : rawpixel.com

Tentu saja mungkin kamu yang membaca sedikit bingung bukan? kita tahu bahwa secara textbook  (sejarah dan berkas-berkas yang ditemukan) agama Hindu lah yang lebih dulu ada, nah setelah itu agama - agama lain seperti agama buddha, Kristen dan islam menyusul.

Namun terlepas dari itu, mengapa mereka bisa berpikiran seperti itu, apakah itu ulah doktrinisasi dari agama mereka untuk memperkuat iman? mungkin saja tapi tentu tidak banyak. 

Tetapi kenapa seolah sebagian besar umat muslim mengatakan demikian?


Mungkin karena mereka tahu kebenarannya.

Jadi memang agama islam itu sudah ada semenjak adam diturunkan ke bumi?


Tidak, secara harfiah agama islam itu tidak pernah ada sebelum 610M, akan tetapi apa yang coba dikatakan umat muslim sebagian besar di negara ini ialah, KONSEP ISLAM itu sendiri.

Apa itu konsep islam?


Konsep islam merupakan cikal bakal dari agama islam nantinya, bisa dikatakan sebagai rangka/pondasi awal agama islam terbentuk, jadi tentu saja secara textbook agama islam belum tercipta, akan tetapi konsep islam ini sudah lebih dulu ada dari agama Kristen maupun agama Hindu itu sendiri.

Nah konsep islam ini ialah dimana HANYA menyembah 1 Tuhan (Tauhid) , tiada yang lain, Tuhan yang tak berwujud, tidak berawal maupun berakhir, tidak beranak maupun diperanakan, maha pengampun, maha adil, maha sempurna, maha segalanya.

Bagaimana dengan umat Yahudi? Apakah mereka menggunakan konsep islam?


Ya secara tidak langsung agama Yahudi sudah menggunakan konsep islam, hanya saja penyebutannya mungkin berbeda dari orang muslim pada umumnya, tapi soal sifat-sifat Tuhan yang disebutkan diatas tentu sama saja.

Jika itu merupakan konsep islam, kenapa orang - orang muslim mengatakan itu sebagai agama islam?


Sebenarnya mereka salah mengartikan saja, konsep islam (tauhid) dan juga agama islam, karena agama islam merupakan produk jadi dari konsep islam itu sendiri, tentu saja konsep islam hanya merupakan pondasi awalnya saja.

Jika dikatakan, sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ada, pada saat itu di Mekkah, orang - orang yang bermukim di sekitar Ka'bah sudah menyembah Tuhan ( orang - orang beriman) hanya saja agama islam memang belum ada waktu itu, pada saat itu mereka mengikuti ajaran dari Nabi Ibrahim Alaihisallam (timeline yang aku ceritakan ini jauh sebelum Mekkah digempur oleh kepercayaan berhala) itu dibuktikan dari sejarah burung ababil yang menghancurkan tentara gajah abraha yang sudah tertulis di al-quran, jadi di Mekkah memang sudah memakai konsep islam pada zaman itu.

Nah setelah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ada dan berdakwah, maka beliau lah yang menyempurnakannya dan secara tidak langsung membuat agama islam, dan bahwasannya yang selama ini disembah oleh penduduk Ka'bah di era kejadian abraha itu merupakan Allah alias Tuhan/sumber dari segala sumber,  Tuhan yang sebenarnya umat manusia harus sembah dan meminta perlindungan kepadaNya.
 
Jadi itulah kenapa orang - orang muslim mengatakan agama islam lebih dulu ada, bukan agamanya yang sudah lebih dulu ada dari agama hindu, akan tetapi konsep islam itulah yang jauh lebih dulu ada dari agama Hindu itu sendiri.

Konsep islam ini tidak sama dengan agama islam, jika agama islam merupakan produk jadinya maka konsep islam ini merupakan pondasi/rangka awal dari agama islam nantinya. 

Penutup


Nah jadi aku harap opiniku bisa diterima, jika ada salah kata maupun hal yang memang menyudutkan suatu pihak/kelompok maka aku minta maaf sebesar-besarnya karena opini yang ku bangun ini atas dasar rasa ingin tahu dan berdasarkan dari sudut pandang logika yang aku miliki saja, tidak ada unsur menjelekkan sebuah agama tertentu.