Alasan Orang Indonesia Bisa Betah Berada Di Negara Orang

Alasan Orang Indonesia Bisa Betah Berada Di Negara Orang


Apakah kamu pernah melihat orang - orang Indonesia yang berada diluar negeri untuk waktu yang cukup lama? Nah mungkin beberapa dari kamu akan bertanya - tanya "kenapa orang - orang indonesia bisa betah berada diluar negeri? " 

Jadi apa yang melatarbelakangi sehingga mereka menyukai negara asing tersebut untuk waktu yang cukup lama? 

Nah aku mencari beberapa alasan kenapa orang - orang tersebut bisa betah berada disana, apa saja kah itu? Langsung saja kita bahas bersama :

Sumber : freepik.com/kaboompics

1. Fasilitas Yang Lebih Baik Dari Negeri Sendiri


Ya kita tidak bisa berbohong jika kebanyakan dari orang - orang Indonesia nyaman tinggal di luar negeri (sebagian negara Eropa), karena sebagian besar fasilitas yang berada diluar negeri nyatanya tidak ada di indonesia, seperti fasilitas rumah sakit maupun fasilitas umum yang lebih aman dan nyaman dan lengkap. 

Lalu ada juga fasilitas kesehatan yang memadai, jika orang - orang tersebut kembali ke indonesia, mereka berpikir bagaimana caranya untuk mendapatkan seluruh fasilitas itu semua dengan lengkap dan terjamin, itulah yang membuat mereka hidup di negara - negara tersebut dan bisa betah tinggal di negara itu. 

2.  Banyak Minimart Lokal 


Jika ada orang Indonesia yang masih bisa betah berada di luar negeri, mungkin itu ada pengaruhnya dengan minimart lokal/penjualan produk lokal.

Benar sekali, ketika minimart lokal tersebut ada banyak disekitar tempat mereka sekarang, mereka malah lebih bisa melepas rindu untuk membeli makanan - makanan khas Indonesia di minimart lokal tersebut.

Seperti layaknya sabun cuci piring, sabun untuk mandi, aneka macam snack dan makanan khas Indonesia, lalu ada alat yang khas sekali hanya ada di Indonesia dan dijual disana, dan sejenisnya. 

Jadi alasan sebagian dari mereka yang betah di luar negeri itu sangat sederhama, selama ada bahan makanan, minuman, benda kebutuhan dengan merk Indonesia mama mereka tetap akan tinggal disana untuk waktu yang cukup lama. 

3. Memiliki Komunitas Orang Indonesia Di Daerah Tempat Tinggal Mereka


Ini ada benarnya, ketika mereka  bekerja atau mereka sudah menikah, mereka tentunya memiliki yang namanya Gap atau jarak dengan negara indonesia.

Nah tentu saja mereka pasti merindukan tanah kelahiran mereka, akan tetapi jika mereka pulang terlalu cepat maka mereka akan berpikir kembali tentang pekerjaan, pendidikan, fasilitas yang mereka dapatkan nanti belum tentu se-baik di negara yang mereka diami sekarang. 

Jadi karena mereka terlalu dilema untuk memutuskan maka mereka mengambil jalan tengah, dimana mereka membuat sebuah komunitas ataupun mencari komunitas - komunitas orang Indonesia yang tidak jauh berada di tempat dimana mereka tinggal nah dengan begitu mereka tidak akan terlalu kepikiran untuk pulang ke Indonesia. 

4. Pulang Ke Indonesia Jika Ada Waktu Luang


Ini juga yang bisa membuat mereka betah berada di luar negeri, mereka bekerja dengan giat, mendapatkan hasil yang cukup lalu mereka pulang ke negeri asalnya dan bertemu orang - orang yang mereka cintai dan kasihi yaitu orang tua serta saudara - saudaranya. 

Seluruh hasil kerja kerasnya lalu djbagi-bagikan ke orang tua, saudara, lalu sanak sudara di Indonesia, itulah yang membuat hatinya mulai ter-refresh ulang dan siap untuk bekerja kembali ke negeri orang beberapa bulan kedepan. 

Jadi tentu saja mereka yang memiliki banyak waktu luang pasti akan memilih pulang untuk menengok orang tua dan seluruh keluarganya, karena sejauh mana pun mereka merantau mereka tetaplah orang indonesia, jadi ketika mereka pergi maka mereka pasti akan rindu dengan indonesia dimana mereka lahir dan dibesarkan. 

Penutup


Nah mungkin itu saja alasan - alasan orang indonesia yang bisa betah di negeri orang, entah ada alasan lain atau memang hanya itu saja tapi yang pasti mereka bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama di negeri orang dan itu merupakan suatu hal yang patut diapresiasi.