Alasan Orang Asing Betah Tinggal Di Indonesia

Alasan Orang Asing Betah Tinggal Di Indonesia


Pernahkah kamu melihat berbagai macam orang asing yang tinggal di indonesia? nah mungkin saja kamu bertanya-tanya kenapa mereka bisa betah tinggal berlama-lama di negara yang satu ini bukan?, bagaimana tidak, jika ada banyak orang asing yang menyukai indonesia misalnya, tentunya pasti kamu akan memikirkan "memang apa yang mereka sukai dari indonesia?"


Sumber : unsplash.com/@ollivves

Nah sebenarnya ada beberapa hal yang membuat mereka bisa menyukai indonesia dan salah satunya tentu karena keberagaman indonesia itu sendiri dan mungkin itulah yang jadi titik utama dimana orang luar menyukai indonesia sebagai tempat tinggal mereka setelah tanah kelahirannya, akan tetapi tentu ada alasan lain lagi pastinya dan disini aku akan memberitahukan alasannya kenapa? nah penasaran? langsung saja kita bahas bersama dibawah ini : 

1. Scenery Yang Indah


Scenery disini ialah sebuah pemandangan, dimana pemandangan ini dapat mereka lihat juga di indonesia dan tidak kalah jauh dengan pemandangan yang ada pada negara yang mereka miliki, mereka seolah terpincut dengan keindahan alam indonesia.

Tidak hanya bali, ada beberapa orang asing yang tentunya sudah mengetahui bahwa indonesia memiliki alam yang indah, salah satu kepulauan yang sering menjadi destinasi wisata mancanegara selain bali ialah Raja Ampat, dengan melihat susunan pulau-pulau kecil membuat raja ampat menjadi sebuah pemandangan yang tentunya sangat amat cantik sekali, bahkan tiap tahunnya lebih dari ratusan bahkan ribuan turis datang kesana.

2. Adat Budaya/Tradisi Yang Masih Kental Dan Unik


Adat budaya ataupun tradisi disetiap daerah bahkan disetiap pulau sangat amat berbeda sekali, contohnya di bali, tidak semua tradisi yang ada dibali itu umum, setiap desa akan memiliki tradisi-tradisi unik yang mereka pegang teguh dari nenek moyang hingga hari ini, seperti tradisi makotek, lalu ada tradisi omed-omedan, ada tradisi perang pandan dan bahkan tradisi-tradisi lainnya yang memang ada di tanah bali.

Nah ada juga tradisi yang berada disebagian besar pulau diluar bali itu sendiri, seperti tradisi karapan kerbau, tradisi pemakaman unik dari minahasa, tradisi tiwah dari kalimantan tengah, tradisi fahombo dari pulau nias, tradisi adu betis dari sulawesi selatan, tradisi batombe minangkabau, tradisi kebo-keboan banyuwangi dan lainnya.

Nah tradisi-tradisi unik itulah yang di incar oleh berbagai macam bangsa yang berada didunia, mereka ingin melihat tradisi yang tidak pernah mereka lihat sebelumnya, dimana membuat indonesia menjadi tempat yang cocok untuk ditinggali karena bagi mereka (bagi penyuka seni dan budaya/tradisi), tinggal di indonesia merupakan suatu anugrah yang tentunya mereka inginkan.

3. Orang-Orang Yang Ramah


Siapa bilang orang indonesia itu merupakan orang yang baper dan sakit hati? iya mungkin jika orang-orang tersebut tidak kenal dan hanya melihat dari sosial media saja tentu saja mereka (orang asing) akan men-cap langsung bahwa sifat orang indonesia tidak baik kepada pengunjung luar.

Akan tetapi ada banyak juga orang-orang yang ramah tidak pernah tersentuh internet, membuat diri mereka masih memiliki nilai positif dalam hidupnya, apalagi jika orang indonesia itu murah senyum, tentu saja orang-orang dari berbagai belahan di dunia pasti akan mudah berbaur dengan orang indonesia sekalipun mereka tidak saling kenal.

4. Biaya Hidup Yang Rendah


Benar sekali, jika kita bandingkan, biaya hidup di negara maju itu sangatlah tinggi ketimbang negara indonesia, itu karena sebagian besar negara-negara tersebut memang sudah maju, mereka bisa memutarkan uang dan menggunakan anggaran dari uang tersebut untuk kebutuhan masyarakat disana jadi mereka tentunya bisa memberikan gaji lebih kepada pada karyawan-karyawan yang mendedikasikan dirinya lebih pada bidang pekerjaan yang mereka geluti.

Meski Biaya hidup tinggi bukan berarti mereka tidak bisa menabung, mereka bisa saja akan tetapi tentu jika mereka sakit atau tidak bisa bekerja karena alasan tertentu, ya pastinya uang yang mereka dapatkan sedikit sekali bukan? nah apalagi di negara-negara tersebut asuransi haruslah berjalan, entah motor/mobil/kesehatan dan sejenisnya, nah itu kenapa mereka ingin tinggal di indonesia karena biaya hidup rendah di indonesia bisa setidaknya menekan biaya bulanan mereka, yang harusnya 5 juta perbulan mungkin hanya menjadi 2 juta perbulan, itu kenapa mereka betah berada di negara ini.

5. Ragam Masakan Khas Dan Unik Di Setiap Daerah


Jika mereka menyukai ragam budaya adat istiadat, tentu saja mereka pasti menyukai ragam masakan khas dan unik yang ada disetiap daerah yang tersebar diseluruh pelosok indonesia, mulai dari sabang sampai merauke, karena ragam masakan yang khas tersebut lah yang membuat mereka (orang asing) betah berada di indonesia.

Ada banyak sekali turis yang menyukai nasi campur/rawon/nasi goreng/bakso dan sejenisnya, semua itu bisa mereka nikmati hanya di indonesia, tempat dimana masakan-masakan khas tersebut dijual, ya meski di negara mereka mungkin saat ini sudah ada dan penjualnya pun pasti bagian dari orang indonesia.

Penutup


Nah mungkin itu saja beberapa alasan kenapa mereka bisa betah berada di indonesia ini, mereka sadar bahwa alam indonesia menyimpan sejuta misteri untuk mereka, bagi mereka yang menyukai dengan adat budaya bakan tradisi yang kita miliki, yang mana diturunkan secara turun-temurun membuat indonesia menjadi sebuah negara dengan ragam kultur budaya yang beragam dan bahkan dilirik oleh orang-orang asing, entah sebagai tempat tinggal mereka maupun pemasukan negara melalui pariwisata yang dibuka.