Tips Agar Omongan Kita Didengar Oleh Orang Tua

Tips Agar Omongan Kita Didengar Oleh Orang Tua


Mungkin kamu pernah berpikir ketika kamu berbicara dengan orang tua, kamu merasa direndahkan atau dijelekkan karena kamu seolah belum tau tentang apapun ketimbang mereka, para orang tua selalu merasa jika mereka terlehir lebih dhulu maka mereka tahu akan segala hal.

Sebenarnya systemnya tidak seperti itu, yang namanya ilmu tentu saja tidak akan pernah habis alias selalu berkembang seiring waktu, kamu bahkan dapat memberitahu apa yang benar untuk mereka.

Sumber : freepik.com/Lifestylememory

Akan tetapi tentu masalahnya disini kamu tidak bisa mengatakan apa yang ingin kamu katakan karena kamu takut tidak akan di gubris oleh mereka, nah sebenarnya aku bisa memberitahu bagaimana caranya agar mereka (orang tua) mau mendengarkan penjelasan darimu tersebut, nah bagaimanakah tipsnya? langsung saja kita bahas bersama dibawah ini :

1. Menjadi Anak Penurut/Suka Membantu Orang Tua


Beberapa orang tua akan mendengarkan apa yang ingin kamu sampaikan kepada mereka jika mereka melihat anak mereka menjadi anak yang penurut, jika dimintai tolong oleh orang tua maka kamu bisa bantu mereka entah ikut memasak didapur, bersih-bersih, mencuci dan sejenisnya.

Jadi jangan mengeluh, jangan merasa capek untuk menjadi seorang anak yang penurut, selalu bantu orang tua apapun yang mereka katakan (selama itu positif), ketika itu terjadi tentu saja hubungan kamu dengan orang tua pasti akan terbuka lebar, karena mereka tau bahwa mereka memiliki anak yang sungguh - sungguh rajin dalam kehidupan sehari-hari, tidak menjadi beban keluarga, meskipun kamu beum bekerja tapi jika kamu membantu mereka, mereka juga pasti mau mendengarkan keluh kesah yang kamu alami ketika bersama dirumah. 

2. Jadi Anak Pintar


Pintar tidak harus di akademik akan tetapi non akademik pun bisa, jadi buktikanlah kepada mereka (orang tua) bahwa kamu pantas untuk didengarkan, misalnya kamu memiliki skill melukis, jadi buatlah gambar yang terbaik ketika melukis.

Kelak ketika kamu sudah memiliki karya orisinil dari hasil buatanmu, maka kamu bisa menjualnya, dan sebagian karya-karya yang telah kamu jual tentu saja memiliki nilai didalamnya, orang-orang mulai mengenal karya mu dan tentu saja mereka menginginkannya plus kamu sudah dapat membanggakan orang tua dengan hasil karya yang telah kamu buat.

3. Berbuat Baik


Jika kamu berbuat baik tentu saja orang tua pasti akan bangga dengan kamu, seperti kamu memiliki punya cukup banyak uang, setidaknya lebih dari cukup, lalu kamu dapat membantu orang-orang tanpa mengharapkan imbalan bari dari mereka.

Nah setelah itu kamu dapat memberikan sedekah di lingkungan kamu seperti orang-orang terdekat kamu maupun tetangga yang memang membutuhkan bantuan, mungkin awalnya mereka akan terus meminta, akan tetao sedekah ke circle kamu atau orang - orang terdekat maupun tetangga yang memang membutuhkan kamu.

Ketika itu terjadi tentu saja orang tuamu pasti akan lebih memperhatikanmu karena kamu memiliki sebagian besar rasa kemanusiaan dan kebaikan terhadap sesama, itulah yang di inginkan setiap orang tua kepada anaknya, dimana anaknya bisa berguna.

4. Selalu Berinteraksi Dengan Orang Tua


Se-tidak nyambungnya kamu terhadap orang tua, kamu harus bisa selalu berinteraksi kepada mereka, jangan buat dirimu dan mereka terhalang oleh tembok pembatas tak terlihat lewat perbedaan pendapat.

Pasti kelak kamu akan menemukan sebuah titik dimana kamu akan didengar oleh mereka, jadi menurutku lakukan proses pendekatan diri kepada orang tua, orang-orang yang merasa tidak di hiraukan oleh orang tua dalam mengambil segala keputusan biasanya jarang melakukan interaksi dengan orang tua, meski terkesan sering tapi intimacy percakapan seperti selalu ada saat orang tua butuh dan selalu bercakap entah tentang masa lalu, masa depan orang tua tentang kehidupannya dan sejenisnya, ketika kamu melakukan hal tersebut maka mereka pasti akan mulai mendengarkan dirimu.

5. Jangan Pernah Berbohong


Jangan pernah sekali-kali berbohong kepada orang tua, orang tua sangat kecewa ketika seorang anak yang sudah ia besarkan susah payah ternyata suka berbohong, karena pada dasarnya berbohong akan menurunkan kepercayaan orang tua atas dirimu. 

Ketika kepercayaan mereka turun maka apa yang terjadi? setiap omongan yang keluar dari mulutmu akan terdengar false (palsu) bagi mereka, sekalipun kamu memberitahu mereka yang sebenarnya tentang keadaan dirimu maupun apapun itu, nah jadi saranku ialah selalu jujur kepada orang tua ketika kamu ingin pergi atau melakukan sesuatu.

Penutup


Nah mungkin segitu saja tips dari aku, semoga dengan adanya tips-tips ini kamu bisa bersemangat agar omongan yang ingin kamu sampaikan didengar oleh orang tua, jadi dengan begitu kamu tidak akan pernah merasa sendirian lagi.