5 Hal Yang Harus Dibawa Ketika Mendaki Gunung

5 Hal Yang Harus Dibawa Ketika Mendaki Gunung


Jika kamu sadar, mendaki gunung itu bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika misalnya kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, paru-paru basah dan sejenisnya, tentunya itu bisa saja membuat aktivitasmu terganggu ketika berada diatas gunung.

Sumber : freepik.com

Nah bagi kamu yang menyukai aktivitas hiking atau naik gunung dan mungkin sampai detik ini kamu masih melakukan kegiatan tersebut, kamu bisa menyiapkan beberapa hal yang memang harus dari kamu lah yang membawanya, bukan regu ataupun ketua regu ataupun orang yang membawa carter.

Kenapa Begitu ? 


Ketika kamu mengalami skenario terburuk digunung yaitu tersesat, kamu setidaknya bisa mensiasati diri dengan beberapa hal yang akan aku beritahukan dibawah ini, dan menurutku pribadi ke 5 barang ini harus dan wajib kamu bawa, nah apa saja kah itu? yuk kita bahas bersama dibawah ini :

1. Persediaan Makanan/Minuman


Ini memang harus kamu bawa, akan tetapi kamu harus membawanya sendiri, kamu tak boleh memberikannya kepada carter atau teman regu untuk dibawa, dan kebanyakan dari para pendaki dijaman sekarang mungkin menitipkan barang-barang bawaannya ke carter atau teman lain (ya tidak semua tapi rata-rata).

Itu tidak salah, akan tetapi ketika kamu terpisah dari rombongan dan mulai tersesat maka tentu saja kamu harus bisa menghidupi dirimu sendiri, nah disini lah persediaan makanan & minuman menjadi sangat amat penting sekali ketimbang apapun.

2. Bawa Kompas Manual


Membawa kompas manual itu masih sangat menjanjikan di era sekarang jika kamu ingin pergi hiking, karena dengan membawa kompas kita bisa tau arah jalan yang ingin kita tuju secara realtime terus-menerus, misalnya kamu ingin pergi kebawah alias ke pedesaan di kaki gunung, nah kamu bisa melihat kompas manual kapanpun yang kamu inginkan ketika dalam perjalanan.

Fungsi dari kompas manual dan kompas digital itu sama, yaitu sama-sama mencari arah mata angin dimana letak tempat itu berada, hanya saja daya tahan batrai dari kompas digital yang mana itu menggunakan smartphone lebih terbatas ketimbang menggunakan kompas manual.

3. Bawa Pita Berwarna Cerah


Ini sangat amat penting sekali untuk dibawa, jika kamu merasa sudah mulai tersesat dan tidak tau arah jalan pulang, hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menandai berbagai pohon yang telah kamu lihat menggunakan pita berwarna cerah yang telah kamu bawa.

Misalnya seperti warna kuning cerah, putih cerah, ungu cerah, intinya warna cerah yang sangat amat mencolok dan warna tersebut tidak berbaur dengan warna-warna alami dedaunan/pepohonan disekitarnya.

Nah itu berfungsi ketika kamu kehilangan arah atau jejak, kamu bisa mengikuti pita-pita berwarna yang telah kamu tandai tersebut sebelumnya, kamu juga bisa menandai tempat yan telah kamu tuju sebelumnya dan bahkan bisa menjadi penanda sejauh mana kamu berjalan.

4. Membawa Walkie Talkie


Walkie Talkie menggunakan teknologi lama dimana device ini menggunakan sinyal frekuensi layaknya radio atau bisa disebut juga system peer to peer, seseorang yang menggunakan walkie talkie akan terhubung dengan seseorang yang menggunakan walkie talkie, meskipun walkie-talkie yang terhubung tidak termasuk kedalam 1 kelompok pemilik walkie talkie, itu bisa saja terjadi.

Nah ketika kamu dan rombonganmu membawa walkie talkie, kalian semua setidaknya bisa terhubung diperjalanan, seandainya jika salah satu dari teman kamu atau kamu sendiri yang mulai terpisah dan tersesat, anggota yang lain akan menghubungimu lewat walkie-talkie. 

Jika kamu tersesat maka mereka akan mencoba menghubungimu melewati walkie-talkie yang mereka miliki, jadi tenang saja selama kamu membawa benda yang satu ini bersama teman-temanmu, kamu pasti aman.

5. Berdoa


Jangan remehkan doa, sekecil apapun kamu berdoa, selama ada ke ikhlasan dan berserah kepada Tuhan, Sang Sumber dari segala Sumber, apapun yang kamu lakukan pasti akan mendapatkan jalan dan restu terbaik dariNya.

Nah bagaimana cara Tuhan menolong kita meskipun kita berdoa? sangat amat beragam, Tuhan bisa menolong kita lewat mimpi dengan cara mengutus makhluk-makhluk ciptaanNya untuk menolongmu, entah itu bangsa jin yang baik, malaikat yang saat itu bertugas digunung itu untuk mengendalikan awan/angin/hujan, lalu bisa juga lewat hewan-hewan ataupun sebuah anomali yang masuk akal maupun tak masuk akal sekalipun.

Nah itu bisa saja terjadi asalkan kamu niat berdoa kepada Sang Sumber, ketika kamu ikhlas tanpa rasa ragu bahkan tanpa rasa ego/iri/dengki, Tuhan pasti akan mendengarkan doamu, dan jika kamu peka, biasanya sebagian besar anomali yang terjadi itu merupakan tanda-tanda kebesaranNya.

Penutup


Nah mungkin itu saja 5 hal yang harus kamu ketahui dan harus kamu bawa ketika kamu melakukan hiking, agar kamu bisa selamat sampai tempat tujuan entah berada diatas atau sedang dibawah kaki gunung itu sendiri, semoga kamu selalu mengingat Tuhan, bahkan sebelum kamu pergi melakukan segala suatu aktivitasmu diluar rumah.