5 Alasan Banyak Orang Indonesia Menjadi TKI Diluar Negeri

5 Alasan Banyak Orang Indonesia Menjadi TKI Diluar Negeri


Apakah kamu pernah melihat ada orang indonesia yang menjadi seorang TKI diluar negeri? nah tentunya menjadi TKI itu bukanlah perkara yang mudah karena kita tidak bisa langsung ke tempat tertentu dan bekerja, tentu harus ada proses-proses yang harus dilewati terlebih dahulu, entah itu bersekolah ataupun mengikuti beberapa Lembaga Penyalur Kerja Luar Negeri.

Sumber : tribunlampung.co.id/Bayu Saputra

Orang-orang yang menjadi TKI atau mungkin magang di negara tersebut dan biasanya memiliki tujuan mereka sendiri, tidak semua dari tujuan yang mereka miliki itu sama akan tetapi rata-rata dari mereka pasti ada disalah satu 5 alasan dibawah ini, nah apa saja kah tujuan dari warga kita yang memang menjadi TKI itu? tanpa basa-basi langsung saja kita bahas bersama dibawah ini :

1. Kurangnya Lapangan Pekerjaan Di Daerah Mereka


Ini bisa menjadi pemicu kenapa ada banyak sekali orang indonesia yang bekerja diluar negeri, itu karena kurangnya lowongan kerja di negeri sendiri sehingga orang-orang kita cenderung lebih memilih jalur alternatif lain dimana mereka menjadi TKI ke negara-negara luar.

Entah itu negara malaysia, singapura, taiwan, hongkong, jepang, korea selatan, china, amerika, dan sebagian negara eropa lainnya, jadi itu kenapa mereka lebih mencari peruntungan di negara-negara tersebut karena sebagian besar negara-negara itu sudah lebih maju dari indonesia.

2. Ingin Membantu Perekonomian Keluarga


Kebanyakan para TKI muda biasanya sudah memiliki sebuah prinsip, dimana mereka ingin membantu prekonomian keluarganya agar mereka tidak miskin, sebenarnya alasan ini memang tidak pernah masalah karena dengan alasan yang satu ini tentu saja ada banyak calon pekerja dari indonesia yang siap disalurkan ke negara-negara tetangga maupun negara yang jauh tempatnya.

Tentunya keluarga pasti sangat amat mendukung ketika para pekerja rantauan keluar negeri ini akhirnya mendapatkan pekerjaan yang layak untuk mereka.

3. Mencari Pengalaman Baru


Benar sekali, ketika kamu ingin menjadi seorang TKI diluar negeri, tentu saja kamu pasti ingin mencari pengalaman baru, entah suasana pekerjaannya ataupun etos kerja yang orang-orang di negara baru tersebut miliki.

Misalnya kamu yang bekerja masih ada waktu jeda dan sedikit bisa bercanda gurau dengan teman akan tetapi ketika kamu dihadapkan pada pekerjaan tertentu diluar negeri, kamu akhirnya tau bahwa system kerjanya lebih tersusun dan tertata, nah dari sana lah kamu bisa mengetahui sebuah ilmu dan menjadikan itu sebagai pengalaman barumu bekerja disana.


3. Mengumpulkan Modal Untuk Menikah/Bisnis/Membayar Hutang


Kebanyakan orang ingin menjadi TKI diluar negeri ialah karena ingin mengumpulkan modal untuk menikah, membuka tempat usaha ataupun membayar hutang entah hutang pribadi kepada teman/saudara maupun hutang keluarga.

Pada dasarnya beberapa orang ingin bekerja diluar negeri karena di negara ini masih sangat sedikit sekali lapangan pekerjaan yang ada, apalagi untuk menabung agar bisa membuka bisnis pikir ataupun membayar hutang atau mengumpulkan modal agar mereka bisa cepat-cepat menikah pikir mereka.

Jadi mereka memutuskan untuk bekerja sebagai TKI di luar negeri, sehingga mereka bisa mendapatkan uang yang lebih untuk bisa ditabung.

5. Mencari Pasangan Hidup


Ini juga tidak salah, awalnya mungkin memang mereka ingin mengumpulkan modal, disaat mereka sudah berada di negara tersebut tentu saja mereka secara tidak sengaja mereka bertemu dengan wanita-wanita atau pria-pria  yang mereka sukai disana.

Nah dari wanita-wanita atau pria-pria tersebutlah mungkin mereka berpikir "lebih baik aku mencari pasangan juga disini".

Jadi akhirnya mereka memutuskan untuk mencari pasangan hidup di negara dimana mereka bekerja tersebut, berharap mereka mendapatkan pasangan hidup disana.

Penutup


Nah mungkin itu saja beberapa alasan kenapa orang bisa menjadi TKI diluar negeri, menjadi TKI diluar negeri bukanlah suatu hal yang buruk, malah tentu saja karena keterbatasan lapangan pekerjaan di negara sendiri lah yang membuat mereka sampai pergi ke tanah orang untuk mencari kerja.