4 Penyebab Utama Banyak Pendaki Yang Hilang Di Gunung

4 Penyebab Utama Banyak Pendaki Yang Hilang Di Gunung


Mendaki menjadi salah satu kewajiban para hikers atau orang yang memang suka dengan alam yang indah digunung, dimana orang-orang mendaki karena memang mereka menyukai alam dan juga ingin merasakan hawa sejuk dan feeling yang baru.

Sumber : freepik.com

Meski terkesan menyenangkan, sebenarnya mendaki tersebut juga bisa menjadi ancaman oleh beberapa orang, termasuk orang-orang yang memang bebal atau hanya nekat bermodal niat saja naik keatas gunung, nah orang-orang sejenis itu biasanya berpotensi untuk hilang di gunung.

Nah jadi pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan informasi tentang penyebab utama banyak pendaki yang tiba-tiba hilang digunung, nah apa saja kah itu? langsung saja kita bahas dengan seksama :

1. Kurangnya Ilmu Serta Wawasan


Beberapa pemula biasanya tidak begitu membawa ilmu serta wawasan tentang hal-hal yang harus dia lalui, seperti mereka harus mengetahui kondisi cuaca yang pas untuk mendaki, menggunakan tenda yang terbuat dari kain parasut tebal dan berkualitas Grade A, tempat yang akan dijadikan titik perkemahan dan sebagainya.

Lalu beberapa tumbuhan yang dapat dan tidak dapat dimakan, mengenali bentuk jejak-jejak kaki hewan mamalia/buas, lalu apa yang harus dilakukan ketika digunung ketika tersesat pun juga bisa menjadi ilmu yang harus dibawa ketika ingin survive atau bertahan hidup ditempat tersebut, itu harus mereka pelajari bagaimana caranya karena tentu saja ilmu tersebutlah yang kemungkinan besar bisa menjadi sebuah penyelamat kelak ketika mereka ingin melakukan hiking ke gunung.

2. Terlalu Meremehkan Medan Yang Dilalui


Terlalu meremehkan medan juga tentu tidak baik, karena jalanan yang berlumpur dan terjal tentu saja harus berpikir ekstra hati-hati untuk melewatinya, karena salah sedikit tentu bisa terjatuh dan menyebabkan luka yang mungkin cukup serius.

Ketahui medan-medan tersebut terlebih dahulu, kamu bisa searching atau mencarinya di google untuk melihat-lihat cara mengetahui medan terjal dari gunung-gunung yang inign kamu daki, selalu mendengar arahan dari para senior yang berada di lokasi dan selalu tanyakan apa yang harus dipersiapkan ketika menemui medan-medan yang sulit dilalui agar nantinya bisa melakukan hal tertentu.

3. Tidak Membawa Perlengkapan Yang Memadai


Banyak orang yang hilang di gunung karena mereka tidak membawa perlengkapan yang memadai, mereka bisa saja hilang karena mereka membawa tempat kemah kecil, yang mana harusnya membawa tenda yang sesuai akan tetapi yang ada malah mereka menggunakan tenda yang tidak selayaknya dipakai.

Ketika tenda tersebut tidak sesuai maka cuaca diluar akan masuk menusuk kedalam, jadinya tentu akan dapat membuat orang-orang bisa menjadi hipotermia dan berhalusinasi, nah halusinasi yang disebabkan oleh cuaca dingin yang ekstrem inilah yang biasanya membawa petaka bagi orang-orang yang menderita hipotermia, mereka bisa berlari tidak tau arah dan berujung terpeleset ke jurang dan tentunya menghilang untuk selamanya.

4. Melakukan Suatu Hal Terlarang Di Gunung Tersebut


Ini bisa terjadi jika memang gunung tersebut disakralkan orang setempat, seperti ada beberapa sesajen yang terlihat ketika mendaki tidak jauh dari post 1, bagi orang yang tidak percaya dan masih skeptis biasanya mereka tidak begitu terlihat efeknya, lebih banyak mereka akan merasakan ellah karena energi mereka akan lebih cepat drain (terkuras).

Berbeda dengan orang-orang yang sensitif, mereka pasti akan merasakan bahwa energi atau hal apapun yang berada disekitar gunung tersebut sangatlah nyata, jadi tentu saja ada banyak sekali orang-orang yang menghilang dari gunung tersebut dan kebanyakan orang-orang tersebut melakukan suatu hal yang dilarang, seperti memiliki rasa ego yang tinggi, melakukan suatu hubungan yang tidak etis, memetik bunga/buah tanpa izin dan membuangnya atau sejenisnya yang ia lakukan digunung tersebut, dimana ia merugikan ekosistem digunung itu tentu saja hal-hal supranatural terkadang akan terlihat seolah dengan mata kepala sendiri.

Penutup


Nah mungkin itu saja 4 penyebab utama kenapa pendaki bisa hilang di gunung, sebenarnya sebagian besar memang salah si pendaki yang belum matang untuk menguasai informasi apapun yang berkaitan dengan gunung yang akan ia daki, tentunya ketika ingin mendaki maka haruslah mengikuti saran atau instruksi dari para senior ataupun mencari sumber di internet cara survive atau bertahan hidup di hutan, agar kelak ketika mendaki tidak terjadi hal yang di inginkan.